Sabtu, Maret 28

ANATOMI TUBUH MANUSIA

Tuhan telah menciptakan manusia dengan sempurna, itulah kutipan dari alqur'an . Begitupula dengan fungsi masing organ tubuh itu .Tubuh manusia, seperti tubuh hewan, terdiri atas sistem, yang terdiri atas organ-organ, yang terdiri atas jaringan, yang terdiri atas sel.Tubuh manusia terbagi menjadi empat bagin :Diagram anatomi manusia:
A. 1. Kepala (hulu)
B.Badan ( awak)
4. Bahu
5.tangan (lengan , sikut,pergelangan tangan,telapak tangan, jart-jari tangan
7 . Pusar
10. Penis/Skrotum atauklitoris/Vagina
C. Kaki(suku)
11. Paha
12. Lutut
Dilihat dari bentuk aku mencoba memisahkan bagian demi bagian yang menurutku paling gampang (karena aku bukan orang kedokteran) menjadi tiga bagian utama :1. bagian kepala (hulu bahasa sundanya), 2. Bagian badan (awak bhs sundanya) dan 3.bagian kaki (suku bhs sundanya).
Disinilah mulanya perjalananku mulai tanpa sengaja ku bikin oret-oretan yang membentuk gambar organ manusia , aku pisahkan menjadi tiga bagian hulu , awak dan suku (maap karena perjalan ini kulalui dengan bahasa sunda ) ,ku coba pisahkan kata itu hulu menjadi hu..lu , kata awak menjadi a..wak dan kata suku menjadi su..ku.Setelah itu kucoba mengganti ejaan itu ke dalam huruf arab hu..lu menjadi ha خ dan lu ل lam
a..menjadi ا alif dan wak.. و wau (sedangkan huruf ق qof disatukan dengan hu dan lu )
su..menjadi ش syin ku.. menjadi ك kaf (kita tambah dengan huruf ر ra)
maka akan menjadi :
1. kholik .... Al Khaliq الخالق sang pencipta
2. awalu .... Al Awwal الأول yang maha pertama
3.syakur ....As Syakuur الشكور maha pembalas budi atau menghargai
Allah menciptakan makhluk pada awalnya untuk bersyukur/membalas budi, sama dengan salah satu surat
“Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah mengabdi/menghamba (ya’bud) kepada-Ku.” (Q. S. Adz-Dzariyaat [51] : 56) klik .
Setelah dipilah,kita dapat memisahkan bentuk tubuh menjadi 3 bagian yaitu :
1. Kepala ( INPUT )
Bagian ini , kalau ditinjau lebih dalam merupakan organ masukan baik yang berupa makanan yang melalui mulut , penglihatan yang menlalui mata , pendengaran yang melalui telinga , mencium/menghirup yang melalui hidung dan yang terakhir adalah imajinasi/daya khayal yang melalui otak pikiran . Itu semua input yang masuk ke tubuh kita dan selanjutnya di proses melalui badan .
2. Badan ( Proses ).
Setelah kita menerima masukan dari kepala baik itu merupakan rasa(mulu lidah), visual (mata), suara (telinga) ,aroma (hidung) dan angan-angan(intuisi) .Itu semua akan dilanjutkan melalui syaraf dalam tubuh ,dengan begitu kita bisa merasakan rasa manis pahit, cantik tidaknya suatu benda ,merdu tidaknya suara seseorang ,harum tidaknya wewangian farfum dan imajinasi kita itu indah atau menyeramkan.
3. Pinggang ( Output )
Setelah kita melihat makanan/ minuman ,serasa kita lapar/haus untuk selanjutnya kita langkahkan kaki bergerak pergi ke dapur/warteg untuk makan /minum.(ini merupakan output ).

1 komentar:

Arda Dinata mengatakan...

Sebuah tulisan yang sederhana, tapi cukup inspiratif dan memberi pencerahan serta renungan yang dalam bagi mereka yang mampu menangkap ilmu hakekat. Terus tulis Mas Tonny... ide2-nya cukup anspiratif.

Salam
Arda Dinata
http://ardadinata.tk
http://miqraindonesia.tk
http://www.pulsakekayaan.blogspot.com/