Sabtu, Maret 21

FLEXI




Pada tanggal 21 maret 2009 telkom divisi flexi bekerjasama dengan kopegtel tasikmalaya, mengadakan open desk yang letak di yomart pangandaran di jalan kidang pananjung. Rombongan baru tiba jam 11 lebih ,aku langsung ke tempat tujuan yaitu yomart ku persiapkan segala peralatan,brosur-brosur beserta hpnya.Disatu sisi aku berjualan flexi, satu sisi lagi ku pasangkan speedynya sekalian biar masyarakat tahu sekalian tentang produk-produk telkom.


Waktu demi waktu berlalu , jam telah menunjukan pukul 4 sore tak satupun hp yang ku pajang terjual , aku berpikir apa yang kurang dari promo ini .Disinilah aku diuji kesabaran ,ternyata meskipun kita sudah mempersiapkan berbagai hal yang menunjang usaha ,kita tetap harus berdoa supaya segala usaha kita akan selalu berhasil. Kita harus yakin bahwa usaha kita akan berhasil meskipun bukan soal nominal/materinya saja, ada yang lebih dari itu .


Kebanyakan hanya yang menanyakan masalah bagaimanan caranya combo dan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Dari situ kita bisa menilai ternyata pemasaran divisi flexi sebetulnya sudah mencapai target marketingnya karena kebanyakan masyarakat sudah punya hp flexi . Cuma yang jadi masalah target pemasaran bagaimana yang harus diterapkan agar masyarakat yang lain memakai hp flexi .Setelah lama ku menunggu akhirnya datang juga satu persatu mulai terjual juga.


Hari esoknya aku cuba berpindah tempat ke daerah batu hiu, karena aku dapat kabar akan ada pertemuan antar fans radio panji fm, cas fm dan rbs fm . Panji di daerah sidamulih yang merupakan tempat flexinisasi , cas di daerah batuhiu yang masuk daerah cibenda ,rbs daerah cimerak yang ternyata di daerah ketiga daerah radio tersebut sudah tercover sama sinyal flexi .Seandainya saja divisi flexi mau berspekulasi ngasih satu fwt ke setiap radio itu, otomatis para fans radio itu akan mencari terminal hpnya untuk telpon ke radio itu karena memang gratis .dan lagi dilihat dari segmen pasarnya ternyata para fans itu dari berbagai golongan dan yang paling dominan adalah dari golongan bawah (bukan berati mengklasifikasikan orang),makanya dari itu daya beli masayarakat itu akan pas dengan hp zte yang murah yang terjangkau oleh golongan tersebut yang jadi masalah aku hanyalah seorang peluru (bulletman/frontliner) bukan pengambil kebijakan (decision maker) , kalau aku ngasih ke fwt ke tiga radio itu dari mana barang itu (uang dari mana untuk membelinya).


Aku berinisiatif untuk menyimpan hp zte di setiap station radio satu radio 2 hp.Dengan berpura-pura tejadi transaksi dan kucatat nomor flexinya sebagai panduan untuk aktif apa belum.


Keesokan hari kucoba ku telpon satu per satu si nomer flexi yang ku simpan di radio dan memang benar ternyata ada salah satu nomor yang telah aktif . Kalau saja radio di kasih fwt flexi kemungkinan besar si fans radio akan berupaya untuk membeli hp zte atau hp apapun yang pada dasarnya flexi . "Kalau telpon ke radio cas mah mahal tapi kalau ke radio panji murah meskipun lama ",kata seorang fans yang pernah ke kantor membeli zte pas waktu itu aku jaga.akhirnya si radio cas pun mau memakai flexi cuman menunggu yang fwt karena untuk siaran harus dimodif supaya si speakernya keluar biar terdengar interaktif dengan pendengarnya.


Dari kejadian dua hari itu aku merasa bahagia dan bersyukur, mudah-mudahan ini menjadi tambahan ilmu bagiku terutama tentang ekonomi yaitu pemasaran .


Adanya produk baru dari Telkom yaitu FLEXI DAN SPEEDY , tanpa terasa begitu banyak ilmu yang kudapatkan dari flexi aku bisa inject dari berbagai hp ,bisa unlock meskipun sekarang telah dilarang ,teknik pemasaran yang terus bertambah termasuk intelegen marketingnya untuk memantau sepak terjang dari operator lainnya.Dari speedy aku bisa seting berbagai macam merk dengan sedikit seting wifi meskipun belum sampai mikrotik,bisa menambah ilmu komputerku yang terus bertambah (karena dari setiap masalah yang dilontarkan oleh konsumen aku berusaha untuk menjawab kalau belum terjawab aku minta waktu untuk mencari jawaban supaya pelanggan itu merasa puas) . aku mencoba menterapkan motto S3 (speed , satisfy, sweet). Speed berati kecepatan menangani error, Satisfy berarti memuaskan pelanggan sedangkan sweet merupaka pahala dari kecepatan menangani masalah dan pelanggan merasa puas akan ngasih kopi yang rasanya sweet he..he..he.hee.(setiap pekerjaan pasti ada pahalanya menurut untad katanya).


Mudah-mudah setiap langkah akan selalu menambah ilmu menuju kebaikan dunia dan akherat sesuai dengan doaku wajiyadatan fil ilmu Amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin.






Tidak ada komentar: